Hai semuanya, di cource ini kita akan membahas salah satu Profesi IT yaitu Site Reliability Engineering atau yang biasa kita kenal dengan SRE Engineer terkait dengan Nutanix HCI (Hyper-Converged Infrastructure).

Mungkin dari temen-temen masih asing atau mungkin sudah pernah mendengar istilah SRE Engineer tetapi gak teralu mengerti seperti apa profesi tersebut, Di instrustri IT khususnya tech company banyak sekali loh profesi-profesi selain programmer yang relate dengan IT salah satunya adalah Site Reliability Engineering. Nah terus apasih Site Reliability Engineering?

Site Reliability Engineering atau singkatan dari SRE adalah salah satu pekerjaan di bidang IT yang specialis menangani reliabilitas suatu aplikasi atau software agar bisa berjalan dengan baik pada suatu infrastruktur yang sesuai.

Mungkin dari temen-temen masih belum tergambar magsudnya seperti apa? Okay nah jika temen-temen banyangkan dalam suatu development lifecycle biasanya terdiri beberapa team yaitu developer/programmer, bisnis analis, project/product manager, dan operation. Berikut adalah tugas masing-masing team:

  1. Bisnis analis: bertugas merumuskan design berdasarkan user requirement yang di translate ke diagram agar mudah di terjemahkan oleh developer
  2. Developer: bertugas menterjemahkan hasil design yang dibuat oleh bisnis analis menjadi software atau kode program
  3. Operation: bertugas untuk mendeliver software atau kode program yang telah dibuat oleh programmer ke environment atau yang biasa disebut infrastructure.
  4. Project/Product manager: bertugas untuk menjaga timeline, distribute task ke masing-masing team dan memastikan feature yang dibuat sesuai dengan user requirement.

Nah salah satu problem yang biasa ditemui di perusahaan besar adalah orang Developer/Programer gak ngerti infra sedangkan orang Operation gak ngerti Programming jadi begitu mau deliver software dari Developer/Programmer ke team Operation apakah langsung bisa jalan??? tentu saja tidak nah maka dari itu disini ada yang namanya SRE atau Site Reliability Engineering. Jadi secara umum tanggung jawab Site Reliability Engineering adalah untuk membantu atau sebagai penengah antara team Developer/Programmer dan team Operation.

Nah kira-kira udah ada gambaran sedikit khan tanggung jawab SRE seperti apa, nah jadi dikelas ini kita bahas dengan studi kasus menggunakan Nutanix HCI platform. Untuk memenuhi semua itu temen-temen perlu memahami dulu platform yang akan digunakan contohnya menggunakan Nutanix Hyper-Converged Infrastructure dan juga beberapa prinsip Developer/Programmer.

Materi yang akan dibahas di kelas ini adalah gabungan dari 3 bidang yaitu Infrastructur, Operation, Development dan DevOps knowledge seperti berikut:

Infrastructur knowledge

  1. What is Nutanix HCI
  2. Overview Hardware, Servers, dan Networking
  3. Introduction to Nutanix AHV
  4. Nutanix Prism Element
  5. Nutanix Prism Central
  6. Virtual Machine (VM)
  7. Monitoring cluster
  8. Lifecycle management

Operation knowledge

  1. System operation
  2. OS Server
  3. Management files
  4. Linux bash/shell script
  5. Networking tools

Development knowlage

  1. What is Programming language?
  2. Types of programming language?
  3. What is tools they used to develop application/software?
  4. How to work with programmer?

DevOps knowlage

  1. What is DevOps?
  2. What is tools they used to automate deployment of application/software that developer created?
  3. What the different between DevOps and SRE?

Okay mungkin sekian dulu yang bisa saya bahas terkait silabus yang akan kita pelajari di kelas ‘SRE - Nutanix AHV: Pemula sampai Mahir’, semoga temen-temen tertarik mengikuti kelas ini sampai akhir sampai jumpa dikelas!!!