Sebelumnya kita udah meng-submit request dengan menggunakan HTTP Method GET nah sekarang kita akan menggunakan HTTP Method POST dan sekalian kita akan membaningkan perbedaan kedua HTTP Method tersebut.

Padasarnya saya akan membuat hal yang sama yaitu menginputkan nim dan nama kemudian di submit dengan menggunakan method POST, sekarang coba anda buat halaman html dengan nama submitpost.html seperti berikut:

Kemudian untuk menghandle mappingnya, kita seperti biasa membuat servlet dengan nama SubmitPostController.java seperti berikut:

Nah klo anda jalankan url http://localhost:8084/tutorial-javawebapp/submitpost.html pada dasarnya akan mempilkan form yang sama dengan pembahasan sebelumnya yaitu submit dengan method GET, tpi coba anda perhatikan lagi setelah anda melakukan submit lalu lihat pada path urlnya??? yang terlihat hanya http://localhost:8084/tutorial-javawebapp/kirim-post dan di halaman browsernya terdapat outputnya sama dengan submit menggunakan method GET.

Jadi kesimpulannya adalah klo menggunakan method GET maka valuenya akan ditambahkan di URL klo menggunakan POST maka akan disembunyikan.