Hai semuanya, selamat datang di Kelas belajar Java Programming: Pemula sampai Mahir. Java adalah salah satu implementasi dari ribuan Programming Language yang tersedia, sebelum kita membahas tentang Java Programming ada baiknya kita lihat dulu yuuk apa itu Programming languages?

Untuk materi yang kita bahas kali ini diantaranya:

  1. What is Programming language?
  2. Types & Methods of programming language
  3. Why you need programming language?
  4. The best programming language?

Ok yuk langsung aja kita bahas materi yang pertama?

What is Programming language?

Sebelum kita bahas Java Programming, kita bahas dulu apa itu Programming Language?.

Java adalah salah satu dari sekian banyak bahas pemograman atau istilah kerennya Programming Language. menurut wikipedia

A programming language is any set of rules that converts strings, or graphical program elements in the case of visual programming languages, to various kinds of machine code output. Programming languages are one kind of computer language, and are used in computer programming to implement algorithms. Most programming languages consist of instructions for computers.

Jadi klo kita simpulkan, Programing language itu sekumpulan proses yang akan dilakukan oleh komputer dari suatu kode program (source-code). Suatu source code dibuat oleh programmer yang nantinya akan di baca komputer dengan cara di compiled ataupun Interpreted

Ada banyak sekali programming language diataranya yang paling populer diantaranya:

  1. Python
  2. JavaScript
  3. Java
  4. PHP
  5. .NET
  6. dan lain-lain

Types of programming languages

Dari ribuan programming language jaman sekarang kita bisa kategorikan berdasarkan

  1. Target platform
  2. Procedural, Object oriented, Scripting language
  3. Backend or Frontend programming
  4. Compile or Interpreted
  5. Strong and weak typing

Ok yukk kita bahas satu-per-satu:

Tujuan menggunakan programming language adalah membuat suatu aplikasi, pada Target Platform ini kita sebagai seorang developer menentukan target deployment aplikasi yang kita buat ke platform tertentu, seperti apakah Desktop Aplikasi, Web aplikasi, Mobile aplikasi (android, ios), embedded system, Console (commandline interface) dan lain

Kemudian, untuk secara Procedural, Object Oritented, ataupun Scripting language ini Menentukan cara penulisan source code. Jadi pada jenis ini lebih menentukan method penulisan pada source-code aplikasi yang kita akan bangun apakah menggunakan Procedural language, atau Object Oriented ataupun Scripting languange dan lain-lain karena masih banyak lagi istilahnya

Selanjutnya, Backend atau Frontend programming. Pada metode ini bagaimana program tersebut di jalankan apakan di jalankan di Server (backend) ataupun di client (frontend) ataupun keduanya.

Lalu, Compiled atau Interpreted. Pada metode ini masih terkait dengan pemilihan penulisan source tetepi lebih ke cara exeucute dari program apakah harus di compile terlebih dahulu atau langsung di terjemahkan oleh machine.

Dan yang terakhir, Strong and weak typing. Pada metode ini masih terkait dengan pemilihan / implementasi programming langunage apakah bahasa yang digunakan berupa strong typing artinya akan memeriksa tipe data, variable yang digunakan jika tidak sesuai maka program tersebut akan error. Sebaliknya dari strong typing yaitu week typing biasanya memiliki general datatype atau semua tipe data bisa menggunakan keyword tertentu misalnya var variableName;

Sedangkan untuk Bahasa Pemograman Java memiliki jenis

  1. Target Platform: Desktop, Web, Mobile (android), Console
  2. Object Oriented Programming language
  3. The most popular used in Backend programming, but also you can used in Frontend such as Desktop or Mobile apps (Android)
  4. Compiled programming language
  5. Strong typing

Why you need programming language?

Mungkin dari temen-temen bertanya kenapa sih kita menggunakan programming language untuk membuat program/aplikasi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebetulnya gak ada yang pasti (ya/tidak) balik lagi tergantung kasus apa yang mau kita buat, seberapa komplex program yang kita buat dan seberapa custome?

Jika hanya membutuhkan program yang simple, sebetulnya kita bisa juga menggunakan program yang sudah ada contohnya klo kita hanya menggunakan sales pada suatu perusahaan kecil sebetulnya hanya dengan Microsoft Excel saja mungkin sudah cukup, tetepi berbeda jika di Perusahaan besar atau multinasional mungkin membutuhkan perhitungan yang complex dan harus di custome. maka dari itu kita membutuhkan Program/aplikasi untuk memudahkan computasi untuk itulah kita membutuhkan programming language untuk membuat program tersebut.

The best programming language?

Setelah kita tau kita membutuhkan programming language, pertanyaan selanjutnya adalah Apa bahasa pemograman yang paling baik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut juga sama seperti sebelumnya untuk saat ini belum ada yang pasti yang mana yang terbaik di bandingkan lainnya. karena setiap bahasa pemograman atau programming language memiliki kemapuan atau kelebihan kekurangan masing-masing.

Kemudian ada pertanyaan lagi, apakah dari sekian banyak Banyak Bahasa Pemograman kita harus kuasai semua?

Menurut pendapat saya tidak harus bisa semua, akan lebih baik jika kita menguasai 1 atau 2 Bahasa Pemograman tetapi secara mendalam atau spesifik. Karena dengan begitu jika kita telah menguasai ke specifik bahasa pemograman secara utuh kedepannya jika kita ingin belajar bahasa pemograman lainnya kita hanya fokus belajar bahasanya saja karena untuk penggunaannya sendiri nantinya akan serupa atau mirip.

Dan yang terakhir sebagai penutup, buat temen-temen yang pemula atau masih awam ingin belajar Programming language, belajar saja gak perlu terlalu pusing milih technology / programming yang harus pelajari. karena nanti semakin lama menguasai suatu programming language nanti akan menemukan yang mana yang bagus dan yang mana yang kurang dan juga jangan terlalu fokus ke bahasanya tetapi coba pahami algoritma, structur data, serta workflow dari bahasa pemograman tersebut.

Karena di kelas ini menggunakan Java Programming, Jadi kita akan membahas semua itu secara mendalam ya. Mulai dari bahasa, algoritma, structur data dalam bahas Java.