Kali ini saya mau membahas tentang variable di JavaScript diantaranya pembahasanya local & global variable, dan inisialisasi variable.

## Inisialisasi Variable

Membuat variable pada dasarnya sama seperti bahasa pemograman lainnya yaitu Java, C++, PHP tapi disini JavaScript lebih mirip dengan PHP karena untuk variablenya tidak dibedakan dengan tipe data, dalam satu variable bisa support dengan berbagai macam tipe data. contohnya yaitu seperti berikut:

Jika di running di Firefox maka hasilnya seperti berikut:

membuat variable baru

Jadi penjelasanya dari koding diatas, kita membuat variable dengan nama log setelah itu kita memberikan nilai ke variable tersebut dengan nilai Dimas Maryanto setelah itu method console.log() digunakan untuk menampilkan ke console di firefox.

Unique konsep pada Variable di JavaScript

Di JavaScript seperti yang telah saya ceritakan di awal semua tipe data bisa ditampung dalam variable var dan yang lebih uniquenya lagi tidak tergantung pada tipe data, contohnya seperti berikut:

Disini kita membuat variable dengan nama log, variable tersebut dapat digunakan untuk beberapa tipe data sekaligus contohnya pertama kita membuat variable dengan tipe data String kemudian yang kedua diinisialisasi kembali dengan tipe data Number setelah itu di inisialisasi kembali dengan Boolean dan yang terakhir diinisialisasi kembali dengan Date apakah dengan begitu menghasilkan error? tentu tidak nih hasil eksekusinya

var multi value

Sekarang supaya lebih membuktikan bahwa hal tersebut benar coba modifikasi kodingnya menjadi seperti berikut:

var log = "Dimas Maryanto"; // variable bertipe string
console.log(log + "tipe datanya adalah "+ typeof(log));

log = 12; // variable bertipe number
console.log(log + "tipe datanya adalah "+ typeof(log));

log = false; // variable bertipe boolean
console.log(log + "tipe datanya adalah "+ typeof(log));

log = new Date(); // variable bertipe Date();
console.log(log + "tipe datanya adalah "+ typeof(log));

Hasilnya seperti berikut:

var hasilnya typeof

Jadi dengan kesimpulannya dengan menggunakan typeof() kita bisa mengetahui variable tersebut memilliki tipe data apa.

Scope variable

Di javascript juga sama seperti bahasa pemograman lain yaitu mengenal local dan global variable. berikut adalah contoh local variable di javascript:

diatas saya membuat sebuah function dengan nama halo kemudian di dalamnya saya membuat lagi variable dengan nama local yang di inisialisasi dengan value Dimas Maryanto setelah itu saya panggil method halo tersebut untuk di jalankan. setelah method halo dijalakan saya memanggil variable local dari luar dan hasilnya adalah undefined

local variable

Setelah itu sekarang saya jelaskan tentang global variable seperti berikut:

Penjelasannya kurang lebih sama seperti local variable hanya kebalik saya yaitu variable global bisa dikenali di method halo().