Percabangan sendiri dari dulu ada 3 yaitu ? ,if dan switch. Ok sekarang kita akan lihat 1 per 1 bagaimana sifat atau prilaku dari ketiga percabangan tersebut. yang pertama kita akan bahas dulu selection yang paling sedarhana yaitu dengan menggunakan ?. seperti berikut:

Coba anda jalankan maka hasilnya adalah

Benar

Ok mungkin ini adalah koding paling sederhana untuk masalah percabagan karena hanya memiliki 2 opsi yaitu true or false.

Seleksi dengan IF

sekarang kita beranjak ke yang sedikik lebih kompleks yaitu percabangan dengan if. berikut koding dasarnya:

dan berikut adalah contoh percabangan dengan if - else if seperti berikut:

Jadi kesimpulannya kurang lebih sama seperti bahasa pemograman lain seperti Java, C++, PHP dll tetapi Javascript sendiri memiliki keunikan yaitu contohnya seperti koding berikut:

Sekarang coba perhatikan logika berikut:

(bilangan === 10)

dan

(bilangan == 10)

Apa bedanya??? jadi gini kalo sama dengan nya ada tiga atau triple equals (===) dia membedakan tipe data meskipun isinya sama seperti berikut

10 tidak sama seperti "10"

sedangkan kalo sama dengannya duakali atau double equals (==), dia tidak membedakan tipe data jadi mesikipun tipe data yang dibandingkan berbeda seperti diatas maka hasilnya akan bernilai benar. Selain itu juga di JavaScript untuk memerika jika dalam sebuah variable bernilai null bisa dengna menggunakan cara yang sederhana yaitu seperti berikut:

Nah itu tentang IF sekarang kita maju lagi ke tahap selanjutnya yaitu menggunakan switch-case

Seleksi dengan Switch Case

Seleksi dengan menggunakan switch case ini pada dasarnya sama dengan percabangan IF tapi lebih sering digunakan untuk nilai yang pasti (konstanta) artinya tidak berbentuk range seperti berikut:

Jika dijalankan maka hasilnya adalah

 Selamat anda lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.